![]() |
Gerbang utama pintu masuk Crafina 2019. Foto: Noviyanti |
Pameran CRAFINA 2019 berlangsung di Balai Sidang Jakarta
Convention Center (JCC) pada 16-20 Oktober 2019 dengan tema sentral “From
Natural Resources to Creative Product for Lifestyle”.
CRAFINA 2019 diharapkan menjadi daya tarik tersendiri bagi
para perajin, pengusaha, produsen dan masyarakat untuk memperkenalkan kekayaan
budaya Indonesia yang multikultural melalui produk-produk kerajinan unggulan.
![]() |
Gerai UKM Binaan Diskop Kota Medan. Foto: Noviyanti |
Laman resmi CRAFINA 2019 menyebutkan, memamerkan produk
unggulan berbasis tekstil, kayu, batu-batuan, logam, mineral, fiber, dan kulit,
menjadi sarana promosi bagi para pelaku industri kerajinan Indonesia yang
nantinya dapat mendukung perkembangan dan eksistensi produk kerajinan
Indonesia.
Produk kerajinan tangan yang dihasilkan berupa kain
batik, perhiasan, aksesoris, peralatan rumah tangga, tas anyaman rotan dan
lain-lain yang mempunyai beragam bentuk, corak, desain, dan kualitas yang
memiliki nilai jual tinggi, tanpa meninggalkan fungsi utamanya.
Membatik
![]() |
Antusias pengunjung pameran Crafina 2019 mengikuti workshop membatik. Foto: Noviyanti |
Tidak hanya itu, CRAFINA 2019 terdapat rangkaian kegiatan,
salah satunya “Workshop Membatik” bersama KitaBatik diikuti oleh kalangan siapa
saja mulai dari anak-anak, dewasa, maupun orang tua tertarik belajar bagaimana
cara membuat batik tulis. Kita diajarkan cara mengambil malam batik, memegang
canting, dan teknik mengikuti pola batik yang benar.
Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menarik minat anak milenial untuk mengenali batik maupun produk-produk nusantara lainnya secara lebih dekat lagi agar tetap terlestarikan budaya Indonesia.
No comments:
Post a Comment